Amerika Sebut Virus Corona Rentan Mati Di Wilayah Tropis, Jokowi : Masyarakat Harus Tetap Disiplin Cegah Corona

0
462
Presiden Republik Indonesia Joko Widodo

Jakarta, Malanesianews, – Menilai kondisi geografis yang berada di garis khatulistiwa, Presiden Joko Widodo mengatakan bahwa  Indonesia merupakan wilayah menguntungkan dalam menghadapi pandemi virus corona. Sebab, virus corona lebih rentan mati di wilayah tropis yang tingkat kelembapannya dan temperatur yang tinggi.

Hal itu disampaikan Jokowi seusai mendengar pernyataan dari pejabat Department of Homeland Security  Amerika Serikat terkait penelitian terhadap virus corona atau Covid-19.

“Semakin tinggi temperatur, semakin tinggi kelembapan, dan adanya paparan langsung sinar matahari akan semakin memperpendek masa hidup virus Covid-19 di udara dan di permukaan yang tidak berpori,” ujar Presiden Jokowi melalui siaran pers resmi Istana Kepresidenan, Jumat (24/4).

Menurut Presiden kabar tersebut merupakan berita menggembirakan bagi Indonesia yang beriklim tropis dengan suhu yang panas, udara lembap, dan kaya sinar matahari. Meski demikian, Jokowi mengingatkan agar masyarakat terus menjalankan protokol pencegahan penularan Covid-19 secara disiplin.

“Namun demikian, jangan lupa protokol pencegahan penularan Covid-19 harus terus kita jalankan secara disiplin dengan disiplin yang kuat,” papar Jokowi.

“Satu, cuci tangan, selalu cuci tangan. Yang kedua, selalu menggunakan masker. Yang ketiga, jaga jarak. Dan yang keempat tingkatkan imunitas, tingkatkan daya tahan tubuh,” tutup Jokowi.

HITUNG MUNDUR PEMILU 2024