Ade Irma Suryani Safanpo di Lantik Sebagai Bunda PAUD PPS oleh Pj Gubernur Papua Selatan

0
446

Merauke, Malanesianews, – Pj Gubernur Papua Selatan, Apolo Safanpo, mengukuhkan Ade Irma Suryani Safanpo sebagai Bunda Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) Provinsi Papua Selatan untuk periode 2023-2024. Acara pengukuhan berlangsung di Hotel Halogen Merauke pada Jumat, 5 Mei 2023, dan diwarnai dengan pembacaan ikrar serta pemasangan slempang sekaligus pin Bunda PAUD PPS, serta penandatanganan berita acara pengukuhan oleh Pj Gubernur.

Dalam acara tersebut, Ade Irma Suryani Safanpo melantik Kelompok Kerja (Pokja) Bunda PAUD PPS yang diketuai Aloysius Jopeng, Wakil Ketua, Yuliana Hana, Sekretaris, Daniel Johanes Taraneno dan Bendahara, Yulina Beatrix Maniagasi. Pj Gubernur berharap bahwa dengan pengukuhan ini, pengembangan program layanan pendidikan anak usia dini di Provinsi Papa Selatan akan lebih berkualitas menuju generasi emas 2045.

Bunda PAUD Provinsi Papa Selatan, Ade Irma Suryani Safanpo, menyampaikan berbagai kebijakan dan strategi dalam rangka perluasan akses dan peningkatan mutu PAUD menjadi gerakan bersama yang harus dilakukan mulai dari kota hingga ke kampung-kampung. Salah satunya adalah melaksanakan program PAUD terpadu, memperluas layanan PAUD di lembaga atau satuan PAUD yang sudah berjalan dengan mengintegrasikan layanan TK, KB, TPA, SPS dalam pengelolaan.

Selain itu, Bunda PAUD PPS akan membuka satuan PAUD di wilayah 3T melalui bantuan dana rintisan, bantuan pendampingan fasilitator PAUD, dan bantuan pembangunan fasilitas PAUD. Selanjutnya, akan mengoptimalkan dukungan organisasi mitra dan lembaga keagamaan guna memperluas jangkauan pelayanan serta melakukan pemberian BOP PAGU guna mendukung keberlangsungan layanan PAUD bagi masyarakat menengah ke bawah.

Bunda PAUD Povinsi Papa Selatan juga bertugas melakukan pengukuhan Pokja Bunda PAUD ditingkat kabupaten di Provinsi Papa Selatan, membentuk Pokja Bunda PAUD, berkoordinasi dengan Dinas Pendidikan Unit pelaksana Teknis (UPT) Dirien PAUD dan Pendidikan Masyarakat (Dikmas), organisasi mitra profesional atau pemangku kepentingan lainnya. Selain itu, ia juga akan membuat rencana program dan kegiatan Bunda PAUD setiap tahunnya, melakukan pembinaan dan pengawasan terhadap layanan PAUD di PPS, melakukan pendampingan, koordinasi, sinkronisasi dan sinergitas lingkup program dan sektor terkait dalam pembinaan layanan PAUD.

Acara pelantikan dihadiri oleh Asisten I Sekda PPS, Agustinus Joko Guritno, Forkopimda, Bunda PAUD Kabupaten Merauke, Bunda PAUD Kabupaten Boven Digoel, Bunda PAUD Kabupaten Mappi, dan Gabungan Organisasi Wanita (GOW) Merauke.

(agengrdyndr)

HITUNG MUNDUR PEMILU 2024

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here