Tingkatkan Kewirausahaan di Port Numbay, Pemuda Orang Asli Papua Ikuti Pelatihan dari Pemerintah Kota Jayapura

0
139

Jayapura, Malanesianews,- Dinas Pemuda dan Olahraga Kota Jayapura menggelar kegiatan pelatihan kewirausahaan bagi Orang Asli Papua (OAP) yang berlangsung selama dua hari di salah satu hotel di Abepura pada Selasa (9/05/2023). Pelatihan ini bertujuan untuk meningkatkan kualitas Sumber Daya Manusia (SDM) dan mendorong pertumbuhan ekonomi di Port Numbay, Jayapura.

Menurut Asisten I Setda Kota Jayapura, Evert N Merauje, pelatihan kewirausahaan seperti ini sangat penting untuk mendorong pertumbuhan ekonomi di daerah tersebut. Faktor internal dan eksternal, serta dinamika persaingan usaha yang berkembang, memaksa setiap pelaku usaha untuk dapat menyesuaikan diri baik bentuk produksi maupun penjualannya. Oleh karena itu, pelatihan kewirausahaan bisa membantu OAP untuk meningkatkan daya saing dalam membuka usaha.

Pelatihan ini juga bertujuan untuk menumbuhkan jiwa kewirausahaan bagi pemuda dan masyarakat Orang Asli Papua di Port Numbay. Diharapkan pelatihan semacam ini akan memacu pertumbuhan ekonomi bagi para pelaku usaha untuk menciptakan lapangan kerja baru. Selain itu, pelatihan ini juga akan membantu meningkatkan kapasitas building kewirausahaan baik dari segi pengaturan keuangan maupun target market wirausaha.

Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga Kota Jayapura, Rocky Bebena, menjelaskan bahwa kegiatan pelatihan kewirausahaan bagi OAP ini didanai dari dana Otonomi Khusus (Otsus) tahun 2023. Melalui pelatihan ini, diharapkan bisa mendorong bangkitnya pelaku wirausaha yang selama ini sudah menjalankan usahanya, baik dari sisi produk, perencanaan, maupun sistem pemasaran produk.

Pelatihan kewirausahaan diikuti oleh 50 pemuda yang berasal dari kampung-kampung yang ada di Kota Jayapura. Pelatihan ini juga memberikan pendampingan materi dan diharapkan tahun depan, pelatihan ini sudah bisa diaplikasikan untuk pengembangan wirausaha. Meski ada keterbatasan anggaran, diharapkan melalui dana Otsus yang tersedia tahun ini, para peserta pelatihan bisa menerapkan apa yang mereka pelajari ke lapangan.

Evert N Merauje berharap agar OAP di Port Numbay lebih khususnya bisa bersaing pada bidang ekonomi. Ia menegaskan bahwa kita orang Papua punya kemampuan, hanya masalahnya ada pada diri kita sendiri, mau untuk memulainya atau tidak. Oleh karena itu, dengan adanya pelatihan kewirausahaan ini diharapkan OAP bisa lebih memanfaatkan potensi ekonomi di daerahnya dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

(agengrdyndr)

HITUNG MUNDUR PEMILU 2024