Tenaga Ahli DPR RI : Hasil Rekrutmen PPD dan PPS Haruslah Mencerminkan Kualitas Pemilu 2024

0
349
Tenaga Ahli DPR RI Baharudin Farawowan (Tengah) Saat menjadi pembicara dalam Sosialiasi Pengawasan Pemilu di Mimika Provinsi Papua Tengah (8/12/22)

Jayapura,Malanesianews – Tenaga Ahli DPR RI Dr (c) Baharudin Farawowan, S.H, M.H, CMLC mengingatkan agar KPU melakukan rekrutmen Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) dan Panitia Pemungutan Suara (PPS) secara profesional. Hal  ini disampaikan mengingat pada  rekrutmen Panwascam/Pandis DKPP menerima 28 laporan dugaan pelanggaran dalam rekrutmen Panitia Pengawas Pemilihan Kecamatan (Panwascam) yang dilakukan Bawaslu.

“Saat ini KPUD sedang memasuki tahapan pengumuman hasil seleksi PPK/PPD dan kemudian akan melakukan rekrutmen pendaftaran PPS. Agar tidak banyak laporan kepada DKPP maka rekrutmen Oleh KPUD hendaknya dilakukan secara profesional dengan mengindahkan syarat-syarat formil yang ketat seperti peringkat perolehan ranking dalam CAT menjadi perhatian KPUD, hal ini Penting agar nantinya tidak lagi muncul pengaduan yang  bersifat emosional” kata Baharudin Farawowan saat mengikuti pengumuman PPD di Jayapura Papua Minggu,18/12/ 2022.

Farawowan yang merupakan tenaga ahli dari Anggota DPR RI Dapil Papua Komarudin Watubun ini menjelaskan, KPUD hendaknya belajar dari persoalan ini agar nantinya tidak mengggangu tahapan pemilu karena  berakhir di DKPP. Hindari pengaduan yang sifatnya  elementer seperti soal PNS atau perangkat desa ataupun anggota partai politik diterima sebagai PPK maupun PPS. Dirinya mengimbau agar rekrutmen petugas badan ad hoc pemilu juga bertujuan untuk menjaga kepercayaan publik terhadap lembaga penyelenggara pemilu.

Sosialisasi Pengawasan Pemilu di Mimika Papua Tengah (8/12/22)

“Kalau nantinya muncul ketidakpuasan publik terkait rekrutmen penyelenggada ad hoc dengan jumlah yang sangat banyak, ini bisa berimplikasi kurang baik terhadap lembaga penyelenggara pemilu itu sendiri,” ujar Pria yang juga adalah Ketua Umum Dewan Pimpinan Pusat Pemuda Demokrat Indonesia ini.

Dalam kesempatan sama, Baharudin Farawowan menjelaskan bahwa pada rekrutmen Panwascam yang lalu DKPP menerima 28 laporan dengan terlapornya adalah komisioner Bawaslu kota/kabupaten di Indonesia. (MCS)

HITUNG MUNDUR PEMILU 2024

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here