Telkomsat Kini Resmi Gunakan Filling Satelit Indonesia Pada Slot Orbit 113°BT

0
687

Jakarta, Malanesianews, – PT Telkom Satelit Indonesia (Telkomsat) kini keluar sebagai pemenang Seleksi Pengguna Filing Satelit Indonesia di Slot Orbit 113°BT. Hal tersebut diumumkan oleh Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) saat menetapkan penyedia layanan satelit pada Selasa (5/1).

Ini dinilai menjadi langkah baik bagi Telkomsat. Sebagai anak usaha PT Telkom Indonesia (Persero), Telkomsat telah berpengalaman memberi layanan berkualitas tinggi dari hulu ke hilir, dengan standar internasional.

“Keberhasilan ini adalah hal yang strategis bagi pengembangan bisnis satelit Telkomsat nantinya dalam memperkuat penyediaan infrastruktur satelit TelkomGroup. Semoga dengan ijin penggunaan slot orbit ini, dapat mendukung TelkomGroup dalam menghadirkan konektivitas hingga pelosok dan peningkatan kualitas dalam melayani pelanggan dan masyarakat Indonesia,” ungkap Direktur Utama Telkom Ririek Adriansyah dalam rilis tertulis.

Slot orbit 113°BT adalah salah satu slot orbit premium yang dikelola oleh Kominfo selaku administrator telekomunikasi Indonesia. Kominfo menyelenggarakan proses Seleksi Pengguna Filing Satelit Indonesia di slot orbit tersebut pada tanggal 5 Oktober 2020.

Proses seleksi dilaksanakan berdasar prinsip efisien, efektif, tidak diskriminatif, dan akuntabel dengan menggunakan metode evaluasi komparatif (beauty contest). Hasilnya, Telkomsat dinyatakan menduduki posisi tertinggi pada peringkat peserta seleksi berdasarkan total penilaian evaluasi kelayakan.

Ririek menambahkan, pihaknya telah berencana untuk menempatkan satelit berteknologi terbaru di slot orbit terkait. Menetapkan target pada akhir 2024, ia berharap hal ini akan berdampak baik bagi Telkomsat selaku penyelenggara layanan satelit nasional.

“Ke depannya TelkomGroup melalui Telkomsat telah merencanakan untuk menempatkan satelit dengan teknologi terbaru yang dikenal sebagai High Throughput Satellite (HTS) yang cocok untuk melayani pelanggan broadband satelit, mencakup pita frekuensi C band dan Ku band di slot orbit 113°BT sebelum 31 Desember 2024. Semoga ini memantapkan langkah Telkomsat menjadi penyelenggara layanan satelit terkemuka di regional,” kata Ririek.

HITUNG MUNDUR PEMILU 2024