Program Budidaya Ikan Obhobu Sutran Suangburaro Kabupaten Jayapura Berhasil Panen 5.000 Lele

0
226

Jayapura, Malanesianews, – Penjabat (Pj) Bupati Jayapura Triwarno Purnomo menghadiri panen perdana ikan lele di kolam terpal milik kelompok pembudidaya ikan Obhobu yang berada di Dusun Nhobobo, Kampung Nolokla, Distrik Sentani Timur, Kabupaten Jayapura pada Sabtu (20/4) 2024.

Hal tersebut merupakan program Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Jayapura, Papua yang sukses memanen 5.000 ikan lele yang juga keberhasilan kelompok usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) orang asli Papua (OAP) di daerah setempat.

Penjabat Bupati Jayapura Triwarno Purnomo mengatakan kegiatan ini merupakan program peningkatan kesejahteraan ekonomi masyarakat yang menggunakan dana otonomi khusus (Otsus) 2023 sebesar Rp598.400.000.

“Hari ini kita memanen ikan lele, bukan itu intinya, tetapi bagaimana kelompok pembudidaya ikan air tawar yang merupakan masyarakat Papua bisa mandiri dari dukungan yang pemerintah berikan sehingga dapat sejahtera,”Ujar Pj Bupati Jayapura.

Menurut penjabat bupati, apa yang ditunjukkan oleh kelompok pembudidaya ikan Obhobu patut menjadi contoh bagi kelompok lainnya dalam mengembangkan UMKM ikan air tawar.

“Saya sangat bangga sekali dengan keberhasilan ini, dan bibit bantuan yang diberikan harus dapat dipertanggungjawabkan oleh kelompok pembudidaya, sehingga ada bantuan berikutnya dapat diberikan kembali,” lanjutnya.

Ia menjelaskan hal yang sering terjadi itu bantuan pemerintah sudah berikan tetapi kelompok pembudidaya ikan air tawar tidak memanfaatkan itu sehingga tidak ada laporan sejauh mana hasil yang sudah diperoleh.

“Keinginan pemerintah sebenarnya tidak rumit dimana bibit, waring dan pakan ikan diberikan supaya masyarakat bisa mengelolanya dengan baik, dengan harapan dapat meningkatkan kesejahteraan bagi mereka,” katanya.

Dia menambahkan kelompok pembudidaya ikan Obhobu akan menjadi prioritas dukungan pemerintah di tahun ini karena dianggap berhasil mengembangkan usahanya dengan baik.

“Padahal waktu penyerahan bibit, waring dan pakan pada Oktober 2023, kami sudah berpesan supaya dapat menjaga ini dengan baik sehingga dapat dukungan atau bantuan berikutnya, sebaliknya kalau kelompok yang tidak aktif maka bantuan akan diberikan kepada kelompok lainnya,” tambah Pj Bupati Jayapura.

Sementara itu Ketua Kelompok Pembudidaya Ikan (Pokdakan) Obhobu Sutran Suangburaro mengatakan budidaya ikan lele ini menghasilkan 5.000 ikan lele konsumsi dan ikan lele tersebut siap dijual untuk masyarakat.

“Kami dari kelompok budidaya ikan Obhobu menyampaikan rasa terima kasih di acara panen perdana ini, karena di respon oleh pak Kepala Distrik Sentani Timur dan juga kami ucapkan terima kasih kepada pak Pj Bupati yang bisa hadir, untuk kita melakukan panen perdana ikan lele secara simbolis,” tambahnya.

Pemerintah Kabupaten Jayapura, Papua menyerahkan bantuan bibit, waring dan pakan ikan kepada 48 warga atau kelompok pembudidaya ikan di tujuh kampung Distrik Sentani Timur pada Oktober 2023, setelah beberapa bulan maka pada Sabtu (20/4) 2024 kelompok pembudidaya ikan Obhobu berhasil memanen.

HITUNG MUNDUR PEMILU 2024

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here