PLTMH Walesi Akan Lakukan Pembangunan Dalam Waktu Dekat

0
103
Pembangkit Listrik Tenaga Mini Hidro ( PLTMH) Walesi, Wamena, Papua Pegunungan

Wamena, Walanesianews,-Pembangkit Listrik Tenaga Mini Hidro (PLTMH) Kecamatan Welesi, Kabupaten Jayawijaya, Provinsi Papua Pegunungan, dalam waktu dekat akan dikembangkan beberapa unit dengan lokasi yang berbeda, Hal tersebut disampaikan oleh Potong Yelipele, salah satu petugas PLTMH Welesi saat ditemui Wartawan Malanesianews, Sabtu (4/03/23)

“Kami punya rencana dalam waktu dekat ini akan bangun beberapa unit lagi dengan lokasi yang berbeda, mengingat pengguna listrik di Kabupaten Jayawijaya semakin banyak setalah ditetapkan menjadi Provinsi baru Papua Pegunungan”. Kata Yalipele, (4/03/23)

Selain itu, lanjut Yalipele, pemebebasan lahan tanah adat dengan masyarakat pemilik tanah setempat sudah dilakukan beberapa tahun lalu tinggal tunggu waktu untuk dikerjakan saja.

PLTMH Welesi sendiri dibangun sekitar tahun 90an, sejak pertama kali dibangun, PLTMH Welesi belum pernah mengalamai kerusakan, tetapi, baru tahun 2021 kemarin, beberapa yunit mesin terjadi kerusakan akibat banjir bandang yang melanda selama beberapa hari, kata Yalipele, saat ditanya oleh wartwan.

Selain itu, ketika ditantanya soal keamanan, Yalipele juga mengatakan keamanan disini terjamin karena keberadaan PLTMH sendiri dekat dengan Pos Koramil yang ada di Welesi.

“Untuk keamanan PLTMH welesi sendiri sejau ini aman-aman karena letaknya tidak jauh dengan pos koramil, jadi kadang (mereka) anggota TNI dari Koramil sering datang mengontrol kami disini”, ungkap Yalipele

Selain PLTMH Welesi, kata Yalipele, ada rencana (mereka) mau bangun PLN baru di kecamatan Walaik tetapi kapan akan dibangun saya belum tahu, padahal survey sudah dilakukan sejak tahun 2021

“Tanah Yang direncanakan untuk bangun PLN baru di Walaik itu sudah dibor ke dalam pada saat survey tetapi kapan mulai kami juga tidak tahu”. Tutup potong