Pj Wali Kota Jayapura, Frans Pekey Resmi Lantik 69 Bamuskam

0
267

Jayapura, Malanesianews, – Sebanyak 69 Badan Permusyawaratan Kampung (Bamuskam) 2023-2028 di 13 Kampung di Kota Jayapura resmi dilantik oleh Penjabat Wali Kota Jayapura, Frans Pekey, di Kantor Walikota Jayapura, Selasa (4/7/2023).

13 kampung tersebut diantaranya adalah Kampung Koya Batu, Tahima Soroma, Enggros, Koya Koso, Holtekamp, Koya Tengah, Nafri, Skouw Sae, Skouw Yambe, Skouw Mabo, Mosso, Yoka, dan Waena.

Bamuskam, kata Pekey, mempunyai kedudukan yang sejajar dengan Kepala Kampung.

“Bamuskam itu independan sesuai fungsi dan tugasnya yang sudah ditetapkan dalam peraturan perundang-undangan,” jelasnya.

Pekey menambahkan, fungsi Bamuskam yaitu membahas dan menyepakati rangcangan peraturan kampung bersama kepala kampung.

Bamuskam dan Kepala Kampung harus bisa menciptakan iklim kondusif, berintegritas, dan netral dalam menjalankan tugas dan fungsinya.

“Makanya, Bamuskam dan Kepala Kampung itu tidak boleh musuhan, tapi harus kompak dan bersama-sama memajukan kampungnya,” kata Pekey.

Selain itu, Bamuskam juga mempunyai fungsi menampung dan menyalurkan aspirasi masyarakat kampung, serta melakukan pengawasan terhadap kinerja kepala kampung.

“Semua ini penting, agar kepercayaan masyarakat terhadap Bamuskam semakin bertumbuh.”

“Kemudian, masyarakat dapat merasakan manfaat besar dari pelayanan yang diberikan Bamuskam bersama kelembagaan lain di tingkat kampung,” terangnya.

Ia berharap, Bamuskam yang baru dilantik ini dapat mewujudkan kampung yang maju, mandiri, dan sejahtera. Sehingga pembangunan di kampung berdampak dan dirasakan masyarakat.

“Setelah pelantikan ini, nanti akan ada pembekalan yang dilakukan oleh pemerintah melalui dinas terkait, sehingga Bamuskam ini bisa paham dan mengerti tugas dan tupoksinya dalam menjalankan tugasnya,” imbuhnya.

(AIS)

HITUNG MUNDUR PEMILU 2024

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here