Pemkot Jayapura Gencar Lakukan Pemantauan Harga Bahan Pokok di Pasar

0
141
Penjabat Wali Kota Jayapura, Frans Pekey saat mengecek ketersediaan dan harga daging ayam di Pasar Tradisional, Kamis 24 Agustus 2023 (KabarPapua.co/Natalya Yoku)

Jayapura, – MalanesiaNews, – Pemerintah Kota (Pemkot) Jayapura, Papua gencar melakukan pemantauan harga bahan pokok di pasar sekaligus untuk memastikan ketersediaan kebutuhan pokok masyarakat di daerah itu.

Pj Walikota Jayapura, Frans Pekey mengatakan, dari hasil inspeksi mendadak yang dilakukan Tim Pengendalian Inflasi Daerah (TPID) setempat secara umum ketersediaan bahan pokok di Kota Jayapura masih tercukupi beberapa bulan ke depan.

“Dan juga harga beberapa komoditas seperti cabai normal yakni Rp. 60 ribu hingga Rp. 70 ribu per kilogram,” kata Pekey.

Menurutnya, untuk komoditas bawang merah dan bawang putih mengalami penurunan yakni dari Rp. 70 ribu per kilogram menjadi Rp. 40 ribu hingga Rp. 45 ribu per kilogram.

“Sementara ketersediaan beras cukup hingga enam bulan ke depan dan harganya juga stabil,” ungkapnya.

Pekey menjelaskan, TPID Kota Jayapura juga akan melakukan pemantauan ketersediaan bahan pokok pada September 2023 untuk memastikan tidak ada barang kadaluarsa yang dijual.

“Selain itu kami akan melakukan pengawasan terutama kepada para distributor sehingga pendistribusian barang bisa merata ke semua pasar,” bebernya.

Ia menambahkan, pihaknya menghimbau kepada para distributor di daerah itu dapat membantu pemerintah daerah setempat agar ketersediaan barang tetap tercukupi dan harga bahan pokok tetap stabil.

HITUNG MUNDUR PEMILU 2024