Pemerintah Kota Jayapura dan Kabupaten Keerom Sepakat Kerja Sama untuk Pengendalian Inflasi dan Penyediaan Kebutuhan Pokok

0
210

Jayapura, Malanesia News,-  Bank Indonesia (BI) perwakilan Papua kembali memfasilitasi Pemerintah Kota Jayapura dan Pemerintah Kabupaten Keerom untuk tindaklanjuti kerjasama antar kedua daerah. Frans Pekey, Pj Wali Kota Jayapura, menjelaskan bahwa kerja sama tersebut dalam rangka pengendalian inflasi daerah dan penyediaan stok kebutuhan pokok bagi masyarakat di Kota Jayapura.

Kota Jayapura bukan merupakan daerah produksi pertanian pangan dan hortikultura, sehingga produksi pertanian dalam terbatas. Untuk memenuhi kebutuhan masyarakat, perlu ada intervensi atau pengendalian yang dilakukan oleh pemerintah, sehingga pihaknya perlu melakukan kerja sama dengan Pemerintah Kabupaten Keerom.

Pekey mengatakan bahwa kerja sama tersebut, disebut MuO, sudah ditandatangani di Biak waktu rakorda kepala Daerah disana. Bank Indonesia hanya melakukan fasilitasi untuk tindaklanjuti kerja sama antar kedua daerah ini. Ada pertemuan lanjutan untuk penandatangan kerja sama antara Kepala OPD terkait, yakni Dinas Pertanian dan Disprindakop Kota Jayapura dengan Kepala Dinas Pertanian dan Disprindakop Kabupaten Keerom termasuk juga UMKM yang ada di dua daerah ini.

Kerja sama ini penting karena Keerom merupakan daerah produksi terhadap hortikultura. Sehingga pemerintah ingin agar ketersediaan dan suplai hasil hortikultura dan lainnya masuk ke Kota Jayapura. Selain itu, kerja sama ini juga sebagai antisipasi pemerintah terhadap tindakan para tengkulak yang memainkan harga barang. Terkadang para tengkulak mengambil barang dari petani dengan harga murah, kemudian menjual kembali dengan harga tinggi. Mereka juga seringkali bermain suplai dengan menahan barang lalu menjual dengan harga tinggi. Kerja sama antar daerah ini penting sekali untuk mencegah permainan harga di pasar.

Dalam kerja sama ini, Bank Indonesia memberikan peran sebagai fasilitator. BI membantu para pemangku kepentingan dalam melakukan konsultasi, diskusi, dan koordinasi. BI juga mengumpulkan data, mengembangkan analisis, serta menghasilkan rekomendasi dan solusi atas permasalahan yang dihadapi. Diharapkan kerja sama antara Kota Jayapura dan Kabupaten Keerom dapat berjalan dengan baik dan memberikan manfaat yang besar bagi kedua daerah dan masyarakatnya.

(agengrdyndr)

HITUNG MUNDUR PEMILU 2024