Pemerintah Berencana Buka Pintu Masuk Ke Indonesia Bagi 18 Negara

0
287

Jakarta, Malanesianews, – Pemerintah akan membuka pintu bagi warga negara asing (WNA) dari 18 negara dalam waktu dekat. Namun, pemerintah belum mengumumkan negara mana saja yang dibolehkan masuk.

“Mengenai negara-negara yang bisa masuk ke Indonesia dalam waktu dekat, ada 18 negara dan nanti akan diumumkan secara terpadu dalam surat edaran Menteri Dalam Negeri,” ujar Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi, Luhut Binsar Pandjaitan dalam konferensi pers daring yang disiarkan di kanal YouTube Sekretariat Presiden, Senin, 11 Oktober 2021.

Luhut menyebut, pembukaan pintu masuk bagi WNA ini dilakukan seiring situasi pandemi Covid-19 yang terus menunjukkan perbaikan.

“Satu minggu belakangan ini kasus konfirmasi harian nasional turun 98,4 persen dan kasus konfirmasi Jawa-Bali┬ájuga menunjukkan penurunan hingga 98,9 persen dari puncaknya pada 15 Juli lalu,” tuturnya.

Selain kasus harian yang terus membaik, kata Luhut, jumlah kematian harian di Indonesia juga terus mengalami penurunan. Pada 10 Oktober, kasus kematian 39 untuk nasional dan 17 untuk wilayah Jawa dan Bali.

“Dibandingkan dengan negara-negara tetangga di ASEAN, kasus Indonesia termasuk yang terendah. Covid-19 Recovery Index Indonesia yang dirilis oleh NIKKEI menunjukkan peringkat Indonesia sudah jauh lebih baik dibandingkan Singapura, Malaysia hingga Thailand,” ujarnya.

 

HITUNG MUNDUR PEMILU 2024