Pejuang Papua yang Terkenal, Tom Beanal, Diberikan Penghormatan Terakhir di Kabupaten Mimika

0
281

Timika, Malanesianews,– Kabupaten Mimika merasa berduka atas kehilangan seorang tokoh penting, Tom Beanal, yang telah berjuang dengan gigih bagi masyarakat Papua. Hari ini, Sabtu (3/6/2023), prosesi pemakaman Tom Beanal dilakukan setelah sebelumnya digelar ibadah pelepasan jenazah yang dihadiri oleh ribuan umat di Gereja Katredal Tiga Raja, Timika.

Plt Bupati Mimika, Johannes Rettob, menyampaikan pesan mengenang Tom Beanal, seorang pahlawan yang menjadi panutan bagi banyak orang. Johannes mengenal almarhum Tom sejak kecil saat beliau menjadi guru dan juga sebagai tokoh agama serta anggota DPR di Kokonao, Mimika Barat.

“Dalam kenangan saya, Tom Beanal adalah sosok yang bijaksana, damai, dan penuh cinta. Beliau memiliki pemikiran brilian dan selalu mengedepankan perdamaian dalam segala tindakannya,” kata Johannes.

Johannes juga mengungkapkan bahwa segala upaya yang dilakukan oleh Tom Beanal selalu dilandasi oleh kedamaian, dan prestasinya layak mendapatkan penghargaan yang luar biasa. Tom Beanal telah memberikan kontribusi besar dalam bidang pendidikan dan pembangunan gereja Katolik di wilayah tersebut.

“Beliau merupakan tokoh yang sangat berperan dalam mengembangkan pendidikan dan membangun gereja Katolik dengan pemikiran yang cerdas, dan hingga kini pengaruhnya masih dirasakan oleh banyak orang,” tambah Johannes.

Selain itu, Tom Beanal juga menjadi salah satu pemimpin dalam perjuangan pembangunan Kabupaten Mimika yang dulunya masih gelap gulita dan tertutup hutan belantara. Berkat dedikasi dan kerja kerasnya, Kabupaten Mimika kini mengalami kemajuan yang signifikan.

Selama hidupnya, Tom Beanal juga berjuang untuk memperjuangkan hak-hak masyarakat asli Mimika dari pihak PT Freeport Indonesia (PTFI) dan menjadi perwakilan mereka yang tak kenal lelah.

“Dalam kesedihan yang mendalam, kami, keluarga dan seluruh masyarakat Mimika, ingin menyampaikan rasa belasungkawa kami atas kehilangan tokoh besar Papua ini. Mari kita jaga apa yang telah beliau perjuangkan agar tidak dihancurkan oleh zaman, dan mari kita bersatu dalam perjalanan ini,” ungkap Johannes dengan tulus.

Johannes berharap semoga arwah Tom Beanal diterima dengan baik di sisi Tuhan dan keluarga yang ditinggalkan diberikan ketabahan dalam menghadapi cobaan ini.

“Kami berharap pemakaman ini dapat dilaksanakan dengan tenang sebagai bentuk penghormatan terakhir kepada sosok yang telah memberikan inspirasi kepada kita semua,” tutup Johannes dengan penuh pengharapan.

(agengrdyndr)

HITUNG MUNDUR PEMILU 2024