Nominator Calon Menteri Sosial dari PDIP ada Nama Komarudin Watubun

0
762
Komarudin Watubun Anggota Komisi II DPR RI

Jakarta,Malanesianews,- Pasca ditetapkanya Menteri Sosial Juliari P Batubara sebagai tersangka kasus korupsi bansos Covid-19, Presiden Joko Widodo (Jokowi) menunjuk Menko Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Muhadjir Effendy untuk menjabat Menteri Sosial.

DPP PDIP, Ahmad Basarah menyebut lima nama kader banteng yang dinilai potensial menggantikan eks Menteri Sosial Juliari Batubara. Kelima orang tersebut saat ini menjabat Ketua DPP PDIP.

“Nama-nama seperti Tri Rismaharini, Djarot Saiful Hidayat, Eriko Sotarduga Sitorus, Sukur Nababan dan Komarudin Watubun saya nilai sebagai figur yang potensial menjadi Mensos,” ujar Basarah lewat keterangannya, Sabtu, 19 Desember 2020.

Namun demikian, Basarah menegaskan kembali bahwa wewenang untuk mengusulkan nama calon menteri dari internal PDIP adalah hak prerogatif Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri.

“Sementara wewenang untuk mengangkat seseorang menjadi menteri adalah hak prerogatif Presiden Joko Widodo,” ujar Wakil Ketua MPR RI ini.

“Jadi sebaiknya kita jangan mendahului dan tunggu saja keputusan Bu Mega untuk mengusulkan calon Mensos pengganti Juliari Batubara kepada Presiden Jokowi,” lanjut dia.

Hingga saat ini, istana belum bicara mengenai kemungkinan reshuffle kabinet. Dua kursi di kabinet kosong usai ditinggal eks Menteri Kelautan dan Perikanan Edhy Prabowo dan eks Menteri Sosial Juliari Batubara yang tersangkut kasus korupsi. Sampai saat ini, kursi masih diisi oleh Menteri Ad Interim.

HITUNG MUNDUR PEMILU 2024

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here