Masyarakat di Papua Diberikan Pemahaman Mengenai Aturan Lintas Batas dan Basic Agreement oleh Pemerintah Provinsi

0
152

Jayapura, Malanesianews, – Pemerintah Provinsi Papua melalui Badan Pengelola Perbatasan dan Kerjasama Luar Negeri (BPPKLN) terus berupaya memberikan pemahaman kepada masyarakat mengenai aturan lintas batas dan Basic Agreement di wilayah perbatasan. Kali ini, kolaborasi dilakukan antara BPPKLN Papua dan Pemerintah Kabupaten Jayapura dalam upaya sosialisasi yang berlangsung di Balai Kampung Tablasupa, Distrik Depapre, Kabupaten Jayapura.

Mathias Suwae, Sekretaris Distrik Depapre, menyambut baik kegiatan sosialisasi ini dan menyadari pentingnya pemahaman aturan lintas batas bagi masyarakat, terutama ketika melakukan perjalanan ke Papua Nugini (PNG). Suwae menekankan bahwa sosialisasi ini penting untuk terus dilakukan agar masyarakat tidak tersesat dan memahami tata cara perlintasan antar negara.

Dolfinus Kareth, Kepala Bidang Pengelolaan Batas Wilayah BPPKLN Provinsi Papua, menjelaskan bahwa kegiatan sosialisasi ini merupakan hasil kerja sama antara BPPKLN Papua dan Pemerintah Kabupaten Jayapura, khususnya Distrik Depapre. Tujuannya adalah memberikan pemahaman kepada masyarakat Kampung Tablasupa mengenai aturan lintas batas.

Selain itu, dalam sosialisasi tersebut, juga disampaikan informasi mengenai bahaya narkotika sebagai bagian dari pemahaman tentang tata cara perjalanan. Dolfinus Kareth menekankan pentingnya pemahaman ini dalam menjaga hubungan yang baik dengan negara tetangga dan memastikan perjalanan yang dilakukan sesuai dengan aturan yang berlaku.

“Pelaksanaan kegiatan sosialisasi ini sangat penting untuk memberikan pemahaman tentang tata cara perlintasan yang baik, baik saat masuk maupun keluar melalui pintu perbatasan negara. Ketika melakukan perjalanan ke PNG, terdapat aturan yang perlu dipatuhi,” ungkap Dolfinus Kareth.

Diharapkan melalui kegiatan sosialisasi ini, masyarakat di wilayah perbatasan Papua dapat memahami dengan lebih baik mengenai aturan lintas batas dan Basic Agreement. Dengan pengetahuan yang benar, diharapkan tercipta kesadaran dan kepatuhan dalam menjalankan perjalanan antar negara dengan baik dan aman.

(agengrdyndr)

HITUNG MUNDUR PEMILU 2024