Lowongan CPNS Besar-Besaran Dibuka Tahun Depan, Berikut Ini 4 Informasi Pentingnya

0
599
Suasana Seleksi CPNS

Jakarta, Malanesianews, – Lowongan Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) maupun Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK) akan dibuka secara besar-besaran oleh Pemerintah pada Tahun 2021.

Kepala Biro Hukum, Komunikasi dan Informasi Publik sekaligus Juru Bicara Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemenpan-RB) Andi Rahadian mengatakan, pada tahun depan pemerintah akan membuka lowongan CPNS dan PPPK. Pembukaan ini nantinya akan mempertimbangkan jumlah kebutuhan pegawai di instansi pemerintahan.

Berikut ada 4 Informasi tentang perekrutan  CPNS 2021 :

  1. Ada 11.580 formasi CPNS Kosong

Kabar gembira bagi mereka yang berminat menjadi pegawai negeri sipil (PNS). Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (MenPANRB) Tjahjo Kumolo akan mempertimbangkan kembali pembukaan formasi kosong untuk seleksi calon pegawai negeri sipil (CPNS) tahun 2021.

Dari data terakhir disebutkan bahwa sebanyak 11.580 formasi CPNS kosong. masih adanya formasi yang kosong pada CPNS tahun 2019 yang pada akhir Oktober 2020 sudah ada ketetapan, prinsipnya dapat dipertimbangkan untuk dialihkan ke formasi tahun 2021.

Pembukaan CPNS 2021, menurut Menteri Tjahjo, tetap memperhitungkan kebutuhan masing-masing instansi, sehingga tidak asal membuka formasi.

“Seringkali kementerian/lembaga khususnya pemda menyusun formasi atas dasar keinginan bukan atas dasar kebutuhan nyata, sehingga terjadi pegawai yang direkrut tidak dapat didayagunakan secara optimal,” ujar dia.

  1. Masih Penyusunan Jumlah Formasi CPNS 2021

Kepala Biro Hukum, Komunikasi dan Informasi Publik sekaligus Juru Bicara Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemenpan-RB) menyebut, saat ini pihaknya masih melakukan penyusunan jumlah formasi untuk tahun depan. Sehingga pengumuman pembukaan menungggu proses penyusunan rampung.

Proses penerimaan atau pengadaan CPNS dan PPPK untuk formasi tahun 2021 masih sedang dalam tahap penyusunan jenis formasi, jumlah formasi dan berbagai persiapan lainnya,” jelasnya.

  1. Pemerintah Masih Fokus Penyelesain CPNS 2019

Menurut Andi, pemerintah juga tengah fokus pada penyelesaian rangkaian penerimaan CPNS tahun anggaran 2019. Mengingat, rangkaian penerimaan CPNS 2019 sempat tertunda karena beberapa hal.

Menurut Andi, proses seleksi CPNS sudah sampai pada tahap pengumuman. Kemudian para peserta yang lolos diminta untuk melengkapi berkas-berkas yang diminta yang bisa dilihat di website SSCN BKN.

Sementara bagi mereka yang tidak lolos pun masih mempunyai peluang karena disediakan masa sanggah. Namun bagi mereka yang keberatan harus mengajukan surat keberatan kepada panitia seleksi nasional (panselnas).

Hingga saat ini, pemerintah sedang fokus menyelesaikan rangkaian penerimaan CPNS 2019 dan juga membahas waktu untuk bulan yang tepat untuk mengumumkan penerimaan CPNS untuk formasi tahun 2021. Hari ini 30 Oktober 2020 diumumkan hasil penerimaan CPNS formasi tahun 2019,” ucapnya.

  1. CPNS 2021 Tidak Ada Lowongan Bagi Tenaga Adminsitrasi

Kepala Biro Hukum, Komunikasi dan Informasi Publik sekaligus Juru Bicara Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemenpan-RB) Andi Rahadian mengatakan, pemerintah tidak akan membuka lowongan CPNS untuk tenaga adminsitrasi. Karena pada tahun ini, pemerintah akan memprioritaskan tenaga teknis untuk mendukung pembangunan nasional.

“Tenaga teknis yang mendukung arah dan prioritas pembangunan nasional dan potensi daerah namun bukan tenaga administrasi,” ujarnya saat dihubungi Okezone.

Selain itu, ada dua formasi yang akan menjadi prioritas pemerintah pada tahun depan. Adalah lowongan untuk mengisi tenaga pengajar atau guru serta tenaga kesehatan yang saat ini masih kekurangan pegawai yang berstatus PNS.

HITUNG MUNDUR PEMILU 2024