Kapolda Papua Akan Segera Lantik Perwira Penghubung Di 3 DOB Baru

0
52

Jakarta, Malanesianews, –┬áTiga liaison officer (LO) atau naradamping/perwira penghubung yang bertugas di tiga daerah otonomi baru (DOB) hasil pemekaran Provinsi Papua akan segera ditunjuk Kapolda Papua Irjen Mathius D Fakhiri.

“Minggu ini saya juga akan menunjuk LO tiga DOB untuk kepanjangan tangan Kapolda di masing-masing wilayah, Mereka akan berkoordinasi, berkolaborasi dengan Penjabat Gubernur, tentu dari sisi keamanan,” ujarnya di Jayapura, Kamis (24/11/2022).

Fakhiri menjelaskan, perwira penghubung memiliki beberapa tugas utama. Salah satunya, memperbaiki data untuk mendapatkan gambaran nyata mengenai wilayah pemekaran.

“LO ini akan membantu Kapolda melihat bagaimana kondisi sebenarnya, nanti kita akan data ulang dan akan saya sampaikan ke Kapolri,” kata dia.

Laporan hasil pekerjaan perwira penghubung akan digunakan untuk perencanaan pembangunan polda baru di tiga provinsi tersebut.

“Pembentukan Polda masih tunggu perintah dari Mabes Polri, tentu perlu pembahasan dengan berbagai persoalan, baik dari sumber daya manusia maupun infrastruktur yang harus kita siapkan dulu,” tutur Fakhiri.

Mengenai sosok yang akan ditunjuk menjadi perwira penghubung, Fakhiri akan memilih dari daftar pejabat utama (PJU) Polda Papua.

“Kita akan ambil dari PJU berpangkat Kombes,” katanya.