Jelang Pergelaran PON Papua XX, Pemerintah Ajak Masyarakat Ikuti Kirab Obor Virtual

0
122

Jakarta, Malanesianews, – Pekan Olahraga Nasional (PON) yang akan berlangsung di Papua pada 2-15 Oktober 2021, akan menjadi multievent olahraga terbesar di tanah air Tahun ini.

PON Papua memiliki makna penting bagi bangsa Indonesia, yaitu sebagai momentum pemersatu dan kebangkitan dari pandemi COVID-19.

Dalam menyemarakkan jelang bergulirnya PON Papua 2021, masyarakat Tanah Air diajak ikut memeriahkan acara tersebut.

Salah satunya dengan mengikuti virtual kirab api PON Papua. Masyarakat dari Sabang hingga Merauke diperbolehkan mengikuti event ini.

Seperti diketahui, prosesi kirab api PON merupakan kegiatan yang sudah menjadi tradisi.Penyelenggaraan kirab api ini sebagai upaya untuk memberikan kehangatan peristiwa akbar olahraga ke seluruh kota-kota di Indonesia.

Namun, kirab api PON kali ini tak bisa diselenggarakan secara langsung karena adanya pandemi. Oleh karena itu, sebagian prosesnya akan dilaksanakan secara virtual dengan masyarakat tetap bisa berpartisipasi.

“Seluruh lapisan masyarakat Indonesia bisa ikut serta memeriahkan acara PON 2021 dengan cara berpartisipasi dan membagikan kehangatan kirab api PON melalui Virtual Run Kirab Api PON Papua 2021,” ujar Ketua Umum KONI Pusat, Marciano Norman dalam konferensi pers virtual, Rabu (1/9/2021).

Masyarakat yang berminat berpartisipasi bisa memilih empat pilihan kategori lari; seperti 5 KM, 10 KM, 21 KM, dan 42 KM.

Nantinya masyarakat yang berpartisipasi bisa mendapatkan jersey dan medali edisi khusus PON Papua. Jersey berwarna merah-putih yang akan didapatkan sangat mirip dengan jersey yang digunakan para atlet PON Papua.

Sementara untuk medali, dibalut warna emas bersimbol Stadion Papua Lukas Enembe yang bermaknakan kemegahan di bidang olahraga rakyat Papua.

“Masyarakat bisa mendukung para atlet dan kontingen dari masing-masing daerah agar tetap semangat di dalam berkompetisi di setiap cabang olahraga yang akan diselenggarakan,” ujar Ketua Umum PB PON Papua, Lukas Enembe.

Bagi masyarakat Indonesia yang ingin ikut serta dalam ajang Virtual Run Kirab Api Pon Papua 2021 bisa mengakses melalui laman resminya di kirabapiponvr.com.