Indonesia Kini Jadi Salah Satu Negara Asia Tenggara Dengan Harga Swab Test Termurah

0
342

Jakarta, Malanesianews, – Melalui Instruksi Pemerintah Terkini Harga Swab Test PCR Telah ditetapkan berkisar mulai Rp 495 ribu sampai Rp 525 ribu.

Hal Tersebut menurut Bumame Farmasi menjadikan Indonesia salah satu negara di Kawasan Asia Tenggara dengan biaya Test termurah.

Direktur Utama Bumame Farmasi James Wihardja mengatakan pihaknya melakukan pengecekan ke beberapa fasilitas kesehatan yang menyediakan jasa swab test PCR.

“Kami sebagai penyedia jasa juga berusaha memaksimalkan solusi agar masyarakat bisa menggunakan layanan swab test PCR dengan mudah, aman, cepat dan tentunya dengan tarif yang lebih terjangkau. Kami juga menjamin tingkat akurasi terbaik bagi masyarakat melalui layanan dan laboratorium mandiri yang dilengkapi komponen-komponen berkualitas terbaik,” ujarnya, Senin (23/8).

Menurut data dari Kementerian Kesehatan, Indonesia memiliki tarif yang lebih murah dibandingkan beberapa negara Asia seperti Thailand dengan kisaran Rp 1.300.000 sampai Rp 2.800.000 sekali swab test PCR dan Singapura dengan SGD 160 atau Rp 1.500.000 layanan swab test PCR.

“Hal ini berbeda dengan India yang mendapatkan subsidi penuh oleh pemerintah negaranya, serta alat swab test PCR, reagen yang digunakan hingga obat-obatan yang diproduksi dalam negeri bollywood itu sendiri, sehingga tidak heran, tarif swab test PCR di negeri tersebut jauh lebih murah dari Indonesia dan bahkan negara-negara berkembang lainnya,” ungkapnya.

Bahkan beberapa epidemiolog Indonesia, Dicky Gunawan menambahkan jika saja Indonesia sudah bisa memproduksi reagen dan komponen pendukung swab test, pasti harganya bisa dikontrol, dikendalikan dan murah.

“Kendala saat ini adalah kita masih menggunakan reagen dan komponen impor dan biaya investasi yang tinggi terutama alat laboratorium yang digunakan,” ungkapnya.

Tanggapan ini dikonfirmasi juga oleh Juru Bicara Vaksinasi Covid-19 Kementerian Kesehatan (Kemenkes) Siti Nadia Tarmizi juga menjelaskan saat ini Indonesia masih terkendala karena impor. “Karena tes PCR kita masih impor termasuk bahan bakunya juga, sebagian besar juga impor,” kata Nadia.

 

HITUNG MUNDUR PEMILU 2024