Indoneisa Mengutuk Keras Pernyataan Politisi India Yang Hina Nabi Muhammad SAW

0
214

Jakarta, Malanesianews, – Indonesia melalui Kementerian Luar Negeri Indonesia (Kemlu RI) mengutuk keras pernyataan yang merendahkan Nabi Muhammad SAW oleh dua orang politisi India dari partai yang berkuasa mengeluarkan pernyataan kontroversial tentang Nabi Muhammad SAW.

Pada Senin (6/6/2022), Kemlu RI menyatakan kalau kritik itu juga telah disampaikan kepada Duta Besar India di Jakarta.

“Indonesia mengutuk keras pernyataan yang merendahkan Nabi Muhammad SAW oleh dua orang politisi India. Pesan ini telah disampaikan kepada Duta Besar India di Jakarta,” tulis Kemlu RI lewat twitter resmi.

Dilansir BBC News, Nupur Sharma, yang merupakan juru bicara partai nasionalis Hindu Bharatiya Janata Party (BJP), mengeluarkan pernyataannya dalam debat yang disiarkan televisi bulan lalu.

Kemudian Naveen Jindal, yang merupakan kepala media dari unit Delhi partai tersebut, mengunggah cuitan tentang hal yang sama.

Hal ini membuat India menerima kecaman keras dari negara-negara berpenduduk mayoritas Muslim, termasuk Indonesia yang mengutuk pernyataan tersebut.

Kuwait, Qatar, dan Iran memanggil duta besar India untuk mendaftarkan protes mereka pada Minggu (5/6/2022).

Arab Saudi juga mengecam pernyataan itu pada Senin (6/6/2022) kemarin.

Disebutkan bahwa Kedua pejabat itu telah meminta maaf kepada publik.Konsekuensi dari aksi kontroversial tersebut, BJP sudah menskors Sharma dan mengeluarkan Jindal.

Sejumlah kalangan menyebut komentar Sharma dan Jindal mencerminkan polarisasi agama yang mendalam di negara itu selama beberapa tahun terakhir.

Ujaran kebencian dan serangan terhadap umat Muslim meningkat tajam sejak BJP berkuasa pada 2014.

 

 

HITUNG MUNDUR PEMILU 2024

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here