Gelar Aksi “Solidarity Call to Action”, Costa Rika Dapat Apresiasi Dari Indonesia

0
503

Jakarta, Malanesianews, – Indonesia menyambut baik aksi solidaritas atau Solidarity Call to Action yang dicanangkan Kosta Rika dalam penanganan pandemi Covid-19.

Menteri Luar Negeri (Menlu) Retno Marsudi menegaskan tidak ada seorang pun yang benar-benar aman dari virus Covid-19 sampai semua orang sudah aman.

“Setiap orang berhak mendapatkan kesempatan yang adil dan setara untuk memenangkan pertempuran melawan pandemi Covid-19,” kata Menlu dalam keterangannya, Jumat (25/9).

Hal itu ditegaskannya saat menghadiri pertemuan yang diselenggarakan oleh Pemerintah Kosta Rika sebagai salah satu side events yang berlangsung di sela Sidang Majelis Umum PBB ke-75.

Solidarity Call to Action milik Kosta Rika dijelaskan Menlu merupakan upaya menyatukan ilmu pengetahuan, kekayaan intelektual, dan data yang diperlukan untuk memerangi COVID-19.

Retno menyampaikan 3 pokok pemikiran untuk mengatasi kondisi tersebut.

Pertama, perlunya menjaga solidaritas dan komitmen politik seluruh negara bagi penanganan pandemi.

Hal ini penting agar seluruh pihak dapat menikmati manfaat yang sama dari kemajuan di bidang ilmu pengetahuan dan teknologi kesehatan bagi penanganan COVID-19.

Menlu juga menyampaikan pentingnya menjalin kemitraan dengan seluruh pemangku kepentingan, baik pemerintah, peneliti, maupun industri medis.

Menurutnya kemitraan segitiga ini akan mendukung proses pengambilan kebijakan yang tepat sasaran, serta mempercepat produksi dan distribusi obat-obatan dan perlengkapan medis.

 

HITUNG MUNDUR PEMILU 2024

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here