Dubes Indonesia Gelar Event “Indonesia Week” Rayakan 65 Tahun Hubungan Diplomatik Dengan Polandia

0
40

Jakarta, Malanesianews, – Kedutaan Indonesia di Warsawa menggelar Indonesia Week dalam acara resepsi diplomatik di Wisma Duta, Senin 24 Agustus lalu sebagai puncak perayaan 65 Tahun Hubungan Diplomatik Indonesia dan Polandia.

“Bersama ini, dengan resmi kami nyatakan Indonesia Week 2020 dibuka”, kata Dubes Indonesia untuk Polandia Siti Nugraha Mauludiah pada resepsi terbatas akibat pandemi COVID-19, yang diantaranya dihadiri wakil kalangan diplomatik dan kemenlu Polandia.

Acara ini terbilang istimewa karena menjadi kerja sama dari berbagai pihak, mulai dari pemerintah pusat dan daerah, sampai pengusaha dan berbagai kalangan masyarakat kedua negara.

Pemerintah provinsi dan kota dari Polandia yang turut dalam acara ini adalah Malapolski, Kujawsko-Promorskie, Wielkopolski, Poznan, Wroclaw, Slupsk, Krakow dan Warsaw, sedangkan dari Indonesia berasal dari NTB, Sumatera Barat, Jawa Barat, Sulawesi Selatan, Bandung dan Denpasar.

Kalangan usaha yang mendukung acara adalah Group Indofood, Mayora, Gonusa, Restoran Sambal, Warung Sumatera, Hai Bali Spa, Dolina Charlotty Resort, BPPD Bali, Cafe Nowo, museum Saltmine (Wieliczka), Museum Alat-Alat Musik (Poznan), dan International Cultural Center (Krakow).

Diaspora dan friends of Indonesia turut mendukung lewat Pameran Foto “Indonesia Underwater” di Warung Sumatera di Pozan.

Acara-acara lainnya adalah pameran foto toleransi dan keberagaman Indonesia di Tambang Garam Wieliczka hingga 6 September, webinar ekonomi, peresmian Komite Bilateral RI-Polandia pada KADIN Polandia, promosi kopi Indonesia di Cafe Nowo Krakow dan kota Torun.

Beberapa pemerintah kota di Polandia berjanji menampilkan berbagai informasi dan kegiatan promosi Indonesia di media sosial mereka selama sepekan, sedangkan Dubes RI akan menggelar wawancara dengan media setempat seperti TVN, TV Republika, Radio Polska dan media cetak/online Polandia serta pemutaran lagu Indonesia di stasiun radio negara itu.

Menteri Luar Negeri Retno Marsudi, dalam pesan video, menekankan pentingnya kedua negara memperkuat kerja sama bilateral di tengah pandemi Covid-19, sedangkan Wakil Menteri Luar Negeri Polandia Marcin Przydacz menggarisbawahi pengembangan hubungan bilateral kedua negara berdasarkan modal sejarah, kesamaan pandangan untuk isu regional dan multilateral. Kedua negara menekankan perlunya pengembangan hubungan pendidikan, research and development, bio-technology, makanan olahan dan farmasi.

Gamelan Jawa, Talempong, tari Yapong, Rantak dan tarian nusantara bakal menghiasi Indonesia Week ini, selain juga sajian kuliner khas Indonesia seperti sate, gado-gado, nasi goreng, lapis beras, sosis solo, dadar gulung dan pastel.