Ciptakan Pertumbuhan Ekonomi Berkelanjutan, Bank Indonesia Terus Dukung Pelaku UMKM

0
787

Jakarta, Malanesianews, – Guna menciptakan pertumbuhan ekonomi nasional yang berkelanjutan. (UMKM) Bank Indonesia (BI) terus berupaya mendukung pertumbuhan kinerja pelaku usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM).

Hal tersebut disampaikan oleh Gubernur BI Perry Warjiyo, dukungan tersebut dilakukan bank sentral dengan berfokus pada tiga aspek utama, yakni sinergi, digitalisasi, dan globalisasi.

Untuk aspek pertama, Perry menekankan, bank sentral melakukan sinergi dengan berbagai pihak terkait, mulai dari kementerian dan lembaga, asosiasi, hingga pelaku usaha itu sendiri.

“Dengan sinergi itu, mari kita terus tingkatkan kebangkitan UMKM menuju pemuihan ekonomi Indonesia,” ujar dia, dalam pembukaan Karya Kreatif Indonesia (KKI) 2022, Jumat (27/5/2022).

Kemudian, berbagai upaya transformasi digital pada sistem pembayaran nasional juga dilakukan oleh bank sentral, untuk mendukung kinerja keuangan pelaku UMKM. Penerapan QRIS dan sistem pembayaran BI-Fast menjadi dua contoh nyata implementasi digitalisasi yang dilakukan bank sentral, untuk mempermudah dan meningkatkan kualitas UMKM.

“Digitalisasi adalah cara paling efektif dan efisien membangkitkan UMKM untuk menjadi pemain-pemain, tidak hanya nasional, tapi secara global,” kata dia.

Terakhir, BI juga akan terus berupaya mendorong pelaku UMKM agar dapat memperluas pangsa pasarnya, tidak hanya dalam skala nasional, tapi internasional. Ketiga aspek itu diterapkan BI dalam gelaran KKI 2022, yang mengusung tema UMKM Indonesia Bangkit melalui Digitalisasi dan Globalisasi Menuju Pertumbuhan Ekonomi yang Berkelanjutan. Gelaran KKI yang dilaksanakan secara fisik untuk pertama kalinya semenjak Covid-19 merebak, diharapkan dapat mendongkrak kinerja pelaku UMKM ke depan.

“Karya Kreatif Indonesia tahun 2022 yang ketujuh kalinya kita lakukan secara berturut-turut setiap tahun, kami melakukan sinergi secara erat dengan tiga belas kementerian atau lembaga,” ucap Perry.

HITUNG MUNDUR PEMILU 2024