Buntut Hukuman Dari WADA, Indonesia Dilarang Kibarkan Bendera Merah Putih Di Piala AFF 2020

0
174

Jakarta, Malanesianews, – Buntut hukuman dari World Anti-Doping Agency (WADA) yang diterima oleh Indonesia beberapa waktu lalu membuat bendera Merah-Putih dilarang berkibar di turnamen sepak bola Piala AFF 2020. Hal tersebut resmi dilaporkan oleh akun @theaseanball.

Sebelum dilarang berkibar di Piala AFF 2020, hukuman dari WADA tersebut juga membuat bendera Merah-Putih gagal berkibar di Piala Thomas dan Uber.

Piala AFF 2020 akan menjadi hajatan olahraga internasional setelah Piala Thomas dan Uber tanpa kibaran bendera Indonesia. Di pergelaran elite bulu tangkis tersebut, bendera Merah-Putih diketahui tak berkibar dan Indonesia saat itu hanya bisa mengibarkan bendera PBSI. Seperti di Piala Thomas dan Uber, kemungkinan Indonesia hanya akan bisa mengibarkan bendera PSSI di Piala AFF 2020.

Selain Indonesia, Thailand yang juga mendapatkan hukuman dari WADA karena kegagalan untuk sepenuhnya menerapkan Kode Anti-Doping 2021 membuat War Elephants juga hanya bisa mengibarkan bendera Federasi Sepak Bola Thailand di pergelaran Piala AFF 2020 mendatang.

Merah-Putih Tak Berkibar di Piala Dunia U-20? Tak hanya akan membuat bendera Merah-Putih gagal berkibar di Piala AFF 2020, sanksi dari WADA tersebut juga terancam membuat bendera Indonesia gagal berkibar di Piala Dunia U-20 2023 mendatang jika persoalan serius ini tak segera diselesaikan.

Timnas Indonesia sendiri akan tergabung di Grup B atau yang juga disebut sebagai grup ‘neraka’ Piala AFF 2020 bersama Kamboja, Laos, Malaysia, dan juara bertahan Vietnam. Sementara Timnas Thailand tergabung di Grup A Piala AFF 2020 bersama Myanmar, Filipina, Timor Leste, dan tuan rumah Singapura.