Bawaslu RI Rancang Kurikulum Pembinaan Pengawas Pemilu 2024

0
228
Anggota Bawaslu RI - Dr. Herwyn Jefler Hielsa Malonda, M.Pd., M.H.

Jakarta, Malanesianews – Anggota Bawaslu RI Herwyn JH Malonda pada Rapat Koordinasi di aula Kantor Bawaslu Sulawesi Selatan Makassar Rabu (22/6/2022) mengungkapkan bahwa pihaknya sedang mempersiapkan rancangan kurikulum pendidikan dan pelatihan bagi pengawas pemilu di Indonesia dalam menghadapi penyelenggaraan Pemilu 2024.

Nantinya kurikulum tersebut dapat membantu pengawas meminimalisir potensi konflik saat tahapan pemilu serentak mendatang.

“Kurikulum ini dalam proses pematangan karena sasarannya akan menyentuh Bawaslu provinsi hingga Panwas Kecamatan di seluruh Indonesia termasuk di Sulawesi Selatan” ujar anggota Bawaslu RI Herwyn JH Malonda.

Anggota Bawaslu RI – Dr. Herwyn Jefler Hielsa Malonda, M.Pd., M.H.

Bawaslu sebagai lembaga Ad Hoc maupun Panwas Kecamatan (non ad hoc) dapat menangani masalah sesuai dengan tugas dan wewenangnya “Kami berharap Bawaslu dapat memimpin dalam menjalankan tugas pencegahan bagaimanapun yang tahu pengawasan pemilu itu Bawaslu tentu harapannya nanti potensi konflik bisa segera diminimalisasi.” paparnya.

Herwyn mengatakan saat ini Bawaslu RI tengah menyusun rancangan besar tersebut (grand design) karena dengan adanya pembinaan SDM seperti ini maka pengawas dapat melakukan tugas pokoknya dengan baik sesuai dengan fungsi Bawaslu.

Setelah dilantik pada 12 April 2022 Anggota Bawaslu Herwyn JH Malonda ke Sulsel untuk melakukan kunjungan kerja perdananya dan di sambut baik oleh Ketua Bawaslu Provinsi Sulsel La Ode Arumahi.

HITUNG MUNDUR PEMILU 2024