Pemerintah Papua Pegunungan Serahkan DPA TA 2023 ke 22 OPD, Nikolaus Kondomo Minta Segera Eksekusi Program Kerja

0
234

Wamena, Malanesia News, – Pemerintah Provinsi Papua Pegunungan menyerahkan Dokumen Pelaksanaan Anggaran (DPA) TA 2023 kepada 22 organisasi perangkat daerah (OPD) jajarannya pada Selasa, 4 April 2023. DPA tersebut diserahkan langsung oleh Penjabat Gubernur Papua Pegunungan, Nikolaus Kondomo, di Wamena. Dalam pesannya, Nikolaus meminta setiap OPD untuk segera melaksanakan program kerja masing-masing setelah menerima DPA tersebut.

Nikolaus juga menekankan agar setiap OPD selalu berkoordinasi apabila menghadapi kendala dalam pekerjaan untuk memastikan penyerapan anggaran tepat sasaran dan tepat waktu. OPD yang mendapatkan anggaran besar seperti OPD PU, Pendidikan, dan Kesehatan diminta untuk segera eksekusi dan tidak menunggu lama untuk memulai programnya.

Namun, setiap OPD harus mempertanggungjawabkan serapan anggaran pada program yang telah dilaksanakan, sesuai mekanisme dan disertai bukti dokumentasi serta bukti pertanggungjawaban keuangan. Nikolaus juga menekankan agar setiap OPD menjaga integritas dengan baik demi memajukan Provinsi Papua Pegunungan ke depan.

Penjabat Sekda Papua Pegunungan, Sumule Tumbo, menambahkan bahwa setiap OPD harus menginput data pekerjaan atau paket lelang yang telah diprogramkan. Jajaran OPD diminta membuat kartu kendali mulai dari perencanaan kegiatan hingga pelaksanaan.

Kepala OPD diminta mempercepat penyerapan APBD secara efektif, efisien, dan transparan. Sumule Tumbo juga berharap masing-masing OPD dapat mengupayakan kontrak tempat yang dipertukan ruang kerja, mengingat ruang yang tersedia di Kantor Gubernur sudah tidak cukup dan dampaknya tidak optimal dalam melaksanakan tugas.

HITUNG MUNDUR PEMILU 2024