Mengungkap Kecamatan Tersepi di Kabupaten Sarmi, Papua

0
611

Sarmi, Malanesianews,– Kabupaten Sarmi, yang berada di Provinsi Papua, memiliki sejumlah kecamatan tersepi yang jarang tersentuh oleh kepadatan penduduk. Melalui data statistik yang dikeluarkan oleh Badan Pusat Statistik (BPS) Kabupaten Sarmi, dapat dilihat bahwa kecamatan-kecamatan tersepi ini memiliki tingkat kepadatan penduduk yang relatif rendah, menjadikannya kawasan yang sunyi dan terpencil.

Banyak warga Papua yang menganggap bahwa kawasan Sungai Biri adalah kecamatan tersepi di Kabupaten Sarmi. Namun, melalui informasi resmi yang disampaikan melalui laman bps.go.id, terdapat daftar lima kecamatan tersepi yang sebaiknya kita ketahui. Berikut adalah gambaran singkat mengenai kecamatan-kecamatan tersepi tersebut:

5. Kecamatan Apawer Hilir Apawer Hilir menempati peringkat ke-5 sebagai kecamatan tersepi di Kabupaten Sarmi, Papua. Jumlah penduduk yang mendiami kawasan ini tergolong sedikit, dengan total 898 Kepala Keluarga (KK) yang menempati wilayah tersebut.4

4. Kecamatan Sarmi Timur Kecamatan Sarmi Timur berada di posisi ke-4 sebagai kecamatan tersepi di Sarmi, Papua. Kepadatan penduduk di kawasan ini juga relatif rendah, dengan hanya 783 KK yang mendiami wilayah tersebut.

3. Kecamatan Sungai Biri Sungai Biri merupakan salah satu kecamatan tersepi di posisi ke-3 di Kabupaten Sarmi, Papua. Jumlah penduduk di kawasan ini juga tergolong sedikit, dengan total 708 KK yang menghuni wilayah tersebut.

2. Kecamatan Apawer Tengah Kecamatan Apawer Tengah menempati peringkat ke-2 sebagai kecamatan tersepi di Sarmi, Papua. Jumlah penduduk di kawasan ini relatif sedikit, dengan hanya 579 KK yang mendiami wilayah tersebut.

1. Kecamatan Ismari Kecamatan Ismari terungkap sebagai kecamatan paling sepi di Kabupaten Sarmi, Papua. Wilayah ini memiliki jumlah penduduk yang sangat sedikit dibandingkan dengan kecamatan lainnya, dengan hanya 369 KK yang tinggal di kawasan Ismari.

Adanya kecamatan-kecamatan tersepi ini membawa perhatian terhadap kondisi dan perkembangan masyarakat di daerah tersebut. Meskipun terisolasi, upaya dari pemerintah dan pihak terkait diharapkan dapat memberikan perhatian khusus kepada penduduk yang tinggal di kecamatan tersepi ini untuk memastikan kesejahteraan dan pengembangan wilayah yang berkelanjutan.

(agengrdyndr)

HITUNG MUNDUR PEMILU 2024